Senin, 15 September 2014 14:07:00

Herliyan: Pengambilan Sumpah Janji DPRD Bengkalis Akhir dari Proses Demokrasi

BAGIKAN:
Bupati Bengkalis bersama Ketua dan Sekretaris DPRD periode 2009-2014 dan Kepala Pengadilan Negeri (PN)
BENGKALISONE, BOC- Bupati Bengkalis, H. Herliyan Saleh, M.Sc mengungkapkan pengambilan sumpah dan janji anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Bengkalis merupakan akhir dari perjalanan proses berdemokrasi. Hal itu diungkapkan Bupati saat memberikan kata sambutan pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Bengkalis dalam rangka pengambilan sumpah dan Janji masa jabatan 2014-2019 di Gedung DPRD Bengkalis Senin (15/9/2014).

"Prosesi pengambilan sumpah janji anggota DPRD periode 2014-2019 menandai telah berakhirnya perjalanan panjang proses berdemokrasi melalui pemilu. Hal ini menjadi penting dan bernilai substansif karena pemilu menjadi instrumen yang konstitusional dalam manajemen suksesi politik lima tahun sekali," ungkap Bupati.

Ditambahkannya, kesuksesan pelasanaan pemilu di Bengkalis merupakan wujud dari kedewasaan masyarakat Bengkalis dalam berdemokrasi.

"Kita patut bersyukur karena pesta demokrasi pemilihan legislatif masa bakti 2014-2019 dan pemilihan presiden kabupaten Bengkalis dapat berlangsung lancar, aman dan damai. Sukses pemilu 2014 mencerminkjan kedewasaan berdemokrasi dan berpolitik masyarakat Kabupaten Bengkalis," ujarnya.

DPRD sebagai legislatif juga merupakan mitra kerja dari pemerintah sebagai bagian dari eksekutif, sehingga Bupati berharap antara Legislatif dan Eksekutif dapat bekerja bersama dalam kebijakan Daerah.

"DPRD atau legislatif merupakan mitra pihak eksekutif dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun pembangunan di daerah. Anggota DPRD adalah bagian dari pemerintahan yang tidak bisa terpoisahkan, karena eksekutif tidak bisa bekerja tabnpa adanya dukungan dari legislatif. pemerintah dan DPRD sama-sama mitra kerja dalam membuat kebijakan daerah untuk melaksanakan otonomi daerah sesuai dengan fungsi masing-masing," terang Bupati.

Bupati juga turut berterima kasih Untuk anggota DPRD Bengkalis yang telah habis periode jabatannya.

"Pada kesempatan ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota dewan yang hari ini secara resmi telah habis masa jabatannya, atas pengabdiannya selama lima tahun. Mudah mudahan pengabdian bapak-bapak dan ibu-ibu anggota DPRD periode 2009-2014 menjadi amal ibadah," Ujarnya.

Tak lupa, Bupati juga berpesan kepada anggota DPRD periode 2014-2019 agar dapat mengemban amanah dari masyarakat.

"Atas nama pemerintah Kabupaten Bengkalis, saya mengucapkan selamat dan tahniah pada para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bengkalis periode 2014-2019 yang baru saja dilantik, semoga bapak-bapak dan ibu-ibu dapat menjalankan tugas dan mengemban amanah masyarakat untuk mewujudkan cita-cita kabupaten Bengkalis menuju kearah yang lebih baik dan sejahtera," Tutupnya. (Sof)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2021 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.