• Home
  • Nasional
  • Kapolda Riau Dapat Penghargaan Indonesia Awards 2020, Dipilih 2 Menteri Jokowi
Kamis, 08 Oktober 2020 10:05:00

Kapolda Riau Dapat Penghargaan Indonesia Awards 2020, Dipilih 2 Menteri Jokowi

BAGIKAN:

PESISIRONE.COM - PEKANBARU - Setahun menjabat sebagai Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, telah berhasil menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di bumi Melayu Lancang Kuning. 

Bukti keberhasilan tersebut Kapolda Riau mendapat apresiasi penghargaan Indonesia Awards 2020 dari iNews. 

Anugerah Indonesia Awards 2020 berlangsung di Jakarta Concert Hall iNews Tower, MNC Center, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu malam 7 Oktober 2020.

Kapolda Riau Irjen Agung Setya meraih penghargaan dalam kategori "Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Berbasis Teknologi".

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap upaya Polda Riau dalam menanggulangi Karhutla. Penghargaan ini kami persembahkan, dan peruntukkan bagi masyarakat Riau," kata Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya. 

Sejak awal 2020, Polda Riau telah memanfaatkan aplikasi dashboard Lancang Kuning berbasis teknologi informasi guna memantau kemunculan titik api. Sehingga dengan aplikasi Lancang Kuning ini, setiap Karhutla bisa langsung ditanggulangi. 

Selama tahun 2020 ini, mulai Januari hingga 7 Oktober 2020, titik api yang terdata berjumlah 5.262 titik api. Kesemuanya berhasil dipadamkan. 

Irjen Pol Agung Setya mengatakan, komitmen untuk mewujudkan langit biru bagi masyarakat Riau menjadi target utama dan prioritas.

Upaya tersebut, tuturnya, dibuktikan secara bersinergi semua komponen, mulai dari TNI, Manggala Agni, petugas pemadam kebakaran serta para relawan. 

"Terima kasih kepada masyarakat Riau. Kita bersama-sama wujudkan langit biru untuk kita semua, saling bersinergi," jelasnya. 

Dashboard Lancang Kuning diluncurkan oleh Polda Riau untuk memantau Karhutla Januari 2020.

Pemanfaatan aplikasi tersebut memungkinkan Polda Riau mengarahkan personel secara cepat ke titik api yang muncul.

"Ini teknologi pertama diterapkan Polda Riau. Sudah seharusnya Karhutla di Riau tidak berulang karena penanganan yang lambat," ujar Kapolda Riau.

Sejak dilantik menjadi Kapolda Riau, 30 September 2019, Irjen Pol Agung Setya langsung berkomitmen memadamkan Karhutla di tanah Melayu.

Saat itu, Agung menyatakan akan melibatkan berbagai pihak untuk bekerja bersama.

Pemanfaatan Dashboard Lancang Kuning juga melibatkan relawan dari berbagai elemen masyarakat.

Polda Riau juga memberikan apresiasi bagi relawan yang aktif membantu penanggulangan Karhutla. Berselang dua bulan setelah aplikasi diluncurkan, Polda Riau langsung menangani 37 tersangka Karhutla. 

Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz memberikan pujian kepada Kapolda Riau saat meresmikan aplikasi Lancang Kuning Nusantara bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Gubernur Riau Syamsuar, Senin 9 Maret 2020, di Pekanbaru. 

Dikutip dari data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), kebakaran hutan dan lahan di Riau pada tahun 2019 mencapai 90.550 hektare. Angka tersebut menurun signifikan pada tahun 2020 menjadi 15.355 hektare.


Penjurian Indonesia Awards 2020


Penjurian Indonesia Awards 2020 menghadirkan juri kehormatan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, Jumat 2 Oktober 2020.

"Kriteria dipilih oleh para juri teknis adalah tokohnya dikenal luas dan konsisten dalam menjalankan tugas, dampaknya dirasakan masyarakat secara konkret," kata Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Tokoh tersebut, kata Airlangga, harus bisa menjadi inspirasi dan panutan bagi masyarakat. Ini sesuai dengan manfaat dari aplikasi Dashboard Lancang Kuning, tak hanya dirasakan masyarakat Riau, namun juga puluhan juta rakyat pada 13 provinsi di Indonesia yang rawan Karhutla. Atas prestasi tersebut, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya, diberikan penghargaan Indonesia Awards 2020. 

Menko PMK Muhadjir Effendy lalu menambahkan, tema diambil Indonesia Awards 2020 sangat tepat karena terkait dengan situasi dihadapi oleh masyarakat Indonesia dan juga dunia, pandemi Covid-19.

"Mengenai kriteria, saya kira juga sudah mendekati kriteria ideal, karena pendekatan di dalam menangani Covid-19 ini kita kenal yaitu pendekatan pentahelix," imbuh Menko PMK Muhadjir Effendy.

Meski mendapat penghargaan dalam kategori "Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Berbasis Teknologi", Kapolda Riau dan jajarannya juga aktif dalam membantu penanganan Covid-19. Terbaru, Kapolda Riau menyalurkan obat Avigan untuk pasien Covid-19 di RS Aulia, Pekanbaru, 20 September 2020.

"Indonesia Awards memilih tokoh-tokoh dengan kriteria tertentu, yang memiliki prestasi dan bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, anak bangsa," ungkap Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo.(Ron)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2020 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.